Search

Wednesday 12 February 2014

Valentine: Makna di Balik Warna Bunga Mawar

Meskipun saya tidak merayakan (berhubung jodoh masih nyangkut entah dimana Xd) but Happy Valentine's day all :D *tebar cokelat*
Valentine tinggal menghitung hari, kira-kira hadiah apa yang di berikan si doi di hari special itu. Mungkin salah satunya adalah bunga mawar, meskipun sudah mainstream tetapi bunga Mawar menjadi hadiah wajib di hari Valentine.
Namun mungkin banyak dari kita yang tidak tahu asal muasal atau legenda dari bunga mawar tersebut.

Menurut cerita Yunani, bunga mawar merupakan penjelmaan seorang gadis kecil yang cantik. Dewi bunga Flora, menaruh iba kepada gadis cantik yang meninggal di usia yang amat muda. Sebagai ungkapan kasihnya, Flora memberinya kehidupan baru sebagai bunga tercantik yang pernah ada. Sayang, walaupun cantik, tubuh bunga ini tetap kaku kedinginan. Flora pun minta pertolongan suaminya, dewa angin Barat, yaitu Zephyrus.

Zephyrus menyingkirkan semua awan, sehingga sinar Matahari sampai ke tubuh bunga cantik ini. Begitu terkena sinar surya, tubuh kaku bunga cantik ini pun hangat merekah. Namun Flora masih belum puas. Ia meminta dewi kesuburan dan kecantikan. Aphrodite, untuk memberikan kemilau dan pesonanya kepada bunga yang belum bernama ini. Dan oleh Dionysus, dewa anggur, bunga ini dihadiahi nektar yang manis dan keharuman. Setelah tampak sempurna, akhirnya diberilah bunga ini nama oleh Aphrodite. Namanya ROSE (mawar). Nama ini diambil dari nama anak Aphrodite, yaitu Eros, sang dewa cinta. Nama cantik ROSE ini memang sengaja diambil dari huruf-huruf yang menyusun kta EROS (cinta) sebagai perwujudan kasih sayang Aphrodite kepada Eros.
Selain itu ada pula legenda lain mengenai asal usul kenapa bunga mawar selalu menjadi tanda cinta,
bunga mawar diciptakan oleh Chloris, dewa bunga yunani. Bentuknya yang cantik adalah pemberian Aphrodite, sang dwei cinta, sedangakan Dionysus, dewa anggur memberika aroma yang wangi untuk bunga dinamakan Queen of Flower ini. Bentuknya indah, warnanya yang memikat dengan wangi yang harum, mejadikan bunga ini sering dianggap sebagai tanda ungkapan cinta.

Di hari valentine Siapa yang tak bahagia mendapat rangkaian mawar indah dari sang kekasih. Yang pasti, sangat romantis sekali ketika si dia datang dengan penuh senyum dan membawa seikat bunga mawar. Atau tiba-tiba ia memberikan kejutan dengan mengirimkan sebuket mawar ke kantor Anda. Aih.....!!!! romantis sekali, membuat Anda tersipu dan pipi Anda memerah seketika. Tapi tunggu dulu, siapa bilang mawar yang diberikan si dia hanya tanda keromantisan saja. Masih ada makna lain di balik setiap tangkai mawar yang dia berikan pada Anda lho!
            Mawar memiliki aneka warna yang indah dan menarik. Ada mawar merah, putih, orange, kuning, merah muda, lalu makna apa yang tersimpan di balik masing-masing warna tersebut?


1. Mawar Merah
            Mawar merah memang paling populer di antara mawar-mawar lainnya. Hampir setiap kali si dia datang membawa mawar merah untuk Anda. Mawar merah memiliki makna cinta, kecantikan, keberanian, penghormatan, keromantisan, dan ucapan selamat. Jadi mawar merah ini cocok untuk menyatakan perasaan cinta seseorang. Jangan ragu lagi, jika ia datang membawa mawar merah untuk Anda di hari Valentine itu artinya ia ingin mengatakan "aku mencintaimu".
2. Mawar Putih
            Ini warna mawar favorit saya :D
Mawar yang putih terlihat bersinar dan sangat cantik. Mawar putih ini juga banyak digunakan para pria untuk memuja wanita. Mawar putih ini menyimbolkan cinta sejati, kemurnian dan kesungguhan, kelembutan, kesucian dan kerendahan hati. Jika pada hari Valentine Anda dikejutkan dengan mawar putih, Anda patut berbahagia karena ia ingin menunjukkan ketulusan cintanya kepada Anda.
3. Mawar Merah Muda/ Pink
            Mawar Pink menjadi favorit pilihan ketiga di antara mawar yang lain. Warnanya memang menggemaskan dan menggoda, membuat siapa saja yang menerimanya tersipu malu. Mawar pink melambangkan penghargaan, kebahagiaan, kekaguman, kelembutan, kasih sayang dan ucapan terima kasih sebagai seorang sahabat yang dekat. Nah jika ada kiriman mawar pink dari si dia, ini artinya perasaan yang dia rasakan masih sebatas perasaan kagum, belum menjadi perasaan cinta yang mendalam. Namun jangan kecewa, ini bisa saja menjadi tanda bahwa memang si dia menyukai Anda dan mengagumi Anda. Langkah berikutnya buat si dia terkesan dan dapatkan mawar putih atau merah di valentine berikutnya.
4. Mawar Kuning
            Mawar kuning disebut juga mawar persahabatan. Warna kuning yang tersimpan di balik keceriaannya menyimbolkan persahabatan yang sejati, kekaguman atas persahabatan, ucapan selamat datang, suatu awal yang baru dari sesuatu, kenangan indah yang tak terlupakan. Semangat persahabatan sejati tersimpan di dalam indahnya mawar kuning ini. Taruh di dalam vas dan letakkan di atas meja kerja Anda, mawar kuning ini akan memberikan semangat baru untuk Anda.
 5. Mawar Kuning berhiaskan warna Merah di ujungkelopaknya
Jika mawar kuning melambangkan persahabatan, beda artinya mawar kuning yang ujung kelopaknya berwarna merah. Mawar ini menyimpan perasaan kagum. Bukan kekaguman biasa, namun lebih dari seorang sahabat. Ini menandakan si dia sedang jatuh cinta pada Anda. Siap-siap membaca kartu yang berisi pernyataan darinya ya.

6. Mawar Orange
            Mawar ini mungkin jarang dijumpai, dan tak begitu populer. Namun pesan yang tersimpan di dalamnya begitu dalam, seolah seperti si dia ingin mengatakan "Aku ingin kamu jadi bagian di dalam hidupku." Warna orange menyimbolkan gelora cinta yang menggebu-gebu, kekaguman yang luar biasa, dan rasa haus akan cinta. Hmmm si dia tampaknya begitu mendambakan Anda. Perasaan cintanya seolah tak terbendung dan ingin Anda segera membalasnya.
7. Mawar Warna Peach
            Mawar peach ini juga termasuk langka dan jarang ditemui. Namun si peach ini melambangkan kedekatan lho. Makna yang tersimpan di dalamnya merupakan pernyataan cinta sekaligus lamaran untuk Anda. Tak hanya sebatas pernyataan cinta saja yang ingin dikatakan si dia, namun si peach ini pantas untuk mendampingi cincin yang ingin disematkan di jari Anda. Siapkah Anda ketika si dia bertanya, "Would You marry me?"
8. Mawar Kombinasi, rangkaian Mawar Putih dan Merah
            Jika si dia memberikan rangkaian mawar putih dan merah, ini tanda cinta yang luar biasa. Si dia ingin Anda menjadi pendampingnya, orang yang selalu berada di sisinya. Kenyamanan, rasa bahagia dan kecocokan selalu ia rasakan ketika berdua. Selamat! Anda adalah orang yang cocok untuk menjadi pendampingnya.
9. Mawar hitam
            mawar ini melambangkan dukacita, obsesi tinggi, tertutup, melambangkan juga kegelapan, balas dendam. Meskipun maknanya agak “serem” tapi ini salah satu warna mawar yang ingin saya terima. Jarang2 bisa liat bunga mawar warna hitam. Heheh :3
10. Mawar Ungu
            Melambangkan keindahan unik dari warna lavender ini melambangkan simbol kesempurnaan dari pesona, kekaguman. Mawar warna ini juga digunakan untuk mengekspresikan perasaan akan cinta pada pandangan pertama.
11. Mawar Biru
            Mawar biru dulunya mawar ini tidak ada yang natural namun sekarang mawar biru natural sudah terciptakan melalui persilangan warna. Mawar ini melambangkan mengenai misteri atau sesuatu yang diinginkan namun tak bisa diraih. Kayaknya untuk valentine tahun ini warna biru pas untuk saya, huhuhu T.T

            Oke sobat tebak mawar mana yang akan diberikan si dia untuk Anda? Siapkan vas di atas meja kamar Anda. Biarkan indahnya mawar yang diberikan si dia menghiasi tempat favorit Anda, dan susunlah maknanya di dalam hati Anda. Happy Valentine's Day and Happy blogging :)

0 comments:

Post a Comment